Archive

Archive for February, 2010

Cara meng-compile mod_rewrite

February 13, 2010 Leave a comment

Setelah cari sana-sini dan ga menemukan cara meng-compile/build mod_rewrite.c menjadi mod_rewrite.so di linux, akhirnya saya coba-coba. Mod-rewrite ini sangat diperlukan di framework yang biasa kami pakai, yakni Symfony. Yang mau belajar symfony dalam bahasa indonesia, bisa ke sini.

Kenapa kok mesti dibuild ulang? bukannya sudah otomatis mod_rewrite enabled ketika install apache dengan perintah ramah $ sudo apt-get install apache2 di Ubuntu atau $yum install di Fedora. Nah, kebetulan apachenya di-build juga dari source, tp karena kelupaan untuk ./configure –enable-rewrite waktu pertama kali install, jadi bingung deh, pigimana nambahinnya.

1. Masuk ke directory tempat kita menyimpan source httpd misalnya di /usr/src/apache/httpd-2.2.12

2. Configure dengan perintah ./configure –enable-modules=most

3. masuk ke directory modules/mappers

4. jalankan perintah: /usr/local/apache/bin/apxs -i -a -c -lz mod_rewrite.c

5. jadi deh, mod_rewrite.so sudah tersedia di tempatnya, malah sudah di-config-kan juga di httpd.conf, asyik juga nih..

6. restart apache: /etc/init.d/apachectl restart

Ga panjang-panjang amat yah, simpel…hehehehe, tp sy baru bisa. Habis kebiasaan sudo apt-get install sih…

Configure ./configure –enable-modules=most

Categories: LINUX, PHP Tags: , , ,

Akhirnya Nge-blog juga

February 13, 2010 Leave a comment

Mungkin ada yang menunggu-nunggu blog nya Bayu Raharjo, atau sudah googling kok ga nemu ya blognya si Bayu Raharjo, PT beIT Inovasi Tiwikrama…Hehehehe….narsisus juga nih…Emang saya baru membuat blog. Awalnya beberapa hal yang sy perlu simpan atau tulis, cuma disimpan atau ditulis di email, jadi saya punya dua email, satu di yahoo satu lagi di gmail. Nah, kalau ada sesuatu yang penting sy tulis di email yahoo, sy kirim email gmail. Selesai.

Ternyata, baru sekarang saya tergerak untuk mulai menuliskannya di blog, semoga bermanfaat buat orang lain, karena “Non nobis solum noti sumus – we’re not born for ourselves alone”. Selamat menikmati isi blog ini.

Categories: Uncategorized